Akreditasi Institusi


Tentang Akreditasi Institusi

UU RI No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan:

  • Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dalam satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
  • Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.

Dengan demikian, setiap institusi pendidikan seperti UAJY harus mengupayakan akreditasi baik bagi institusi maupun program-program studinya.

Proses Akreditasi Institusi Pertama UAJY

UAJY mendapatkan kesempatan di antara sekitar 50 perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses Akreditasi Institusi yang pertama kali diselenggarakan pada akhir tahun 2007.

Penyusunan portofolio UAJY dilakukan oleh KP2MA bersama sebuah tim yang terdiri dari unsur fakultas dan unit penunjang selama kurang lebih satu bulan, pada November 2007. Bersamaan dengan itu, koordinasi penyiapan dokumen dilakukan sampai dengan hari asesmen lapang (visitasi), selama kurang lebih satu setengah bulan. Asesmen Lapang oleh 5 orang asesor dari BAN-PT dilakukan pada 10 – 11 Desember 2007.

Hasil Akreditasi Institusi ini menempatkan UAJY sebagai satu dari sekitar 50 perguruan tinggi yang terakreditasi secara institusional pertama kalinya, dengan peringkat B.

Honest criticism is hard to take, particularly from a relative, a friend, an acquaintance, or a stranger(Franklin P. Jones)