Warning: Use of undefined constant php - assumed 'php' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/kp2mauajy/public_html/wp-content/themes/ksi-uajy/header.php on line 21

Monevin Program Hibah


Tentang Monitoring dan Evaluasi Internal Program Hibah

Monitoring dan evaluasi internal (monevin) program hibah dilakukan apabila UAJY sedang dalam proses penyusunan proposal dan pelaksanaan suatu program hibah yang bersifat institusional dari institusi di luar UAJY.

Program hibah pertama yang melibatkan monevin dari KP2MA adalah Program Hibah Kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi K3 (PHK-TIK K3) dari DIKTI. Program ini dijalankan pada Agustus – Desember 2007 oleh Pusat Sistem Informasi (PSI, sekarang KSI), Perpustakaan, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM). Monevin PHK-TIK K3 ini dilakukan hanya pada pelaksanaan program, belum dilakukan pada saat pengusulan program, dan dalam kondisi belum ada instrumen monevin yang memadai.

Untuk pengembangan instrumen dan tim monevin program hibah, pada Mei 2008 dilakukan Pelatihan Monitoring dan Evaluasi Internal Program Hibah, melibatkan 12 orang calon reviewer internal program hibah. Instrumen monevin yang terdiri dari panduan, prosedur, dan form-form mulai disusun pada Mei – Juni 2008.

Program hibah selanjutnya yang diterima UAJY adalah PHK-TIK K1 pada Juni – Desember 2008, dengan pelaksana Program Studi Teknik Industri dan Program Studi Teknik Informatika. Monevin juga hanya dijalankan pada tahap pelaksanaan program, tetapi dengan instrumen dan tim yang cukup.

Pada tahun 2008, UAJY dengan koordinasi Pusat Pengembangan Institusi (PPI, sekarang sudah berubah menjadi beberapa kantor) mengusulkan Program Hibah Kompetisi Berbasis Institusi (PHK-I) kepada DIKTI. Monevin dari KP2MA mulai terlibat pada saat penyusunan proposal lengkap pada Mei 2008. Setelah proposal lengkap lolos, tim monevin dari KP2MA selanjutnya terlibat dalam persiapan visitasi PHK-I pada Mei – Agustus 2008, meskipun pada akhirnya UAJY belum bisa mendapatkan hibah tersebut.

Perolehan Program Hibah Institusional UAJY

perolehan hibah

Prosedur Monitoring dan Evaluasi Internal Program Hibah

A circle is the reflection of eternity. It has no beginning and it has no end – and if you put several circles over each other, then you get a spiral. (Maynard James Keenan)