Evaluasi Proses Pembelajaran


Pengembangan Instrumen

Sejak lama, setiap fakultas di UAJY telah memiliki instrumen yang digunakan untuk melakukan evaluasi proses pembelajaran di kelas. Namun demikian, sampai dengan pertengahan 2007 saat KP2MA berdiri, pelaksanaan evaluasi tersebut belum sesuai dengan tujuan evaluasi itu sendiri. Sebagian fakultas membagikan kuesioner kepada mahasiswa, merekap hasilnya, tetapi tidak melakukan analisis dan evaluasi atas hasil tersebut. Sebagian fakultas hanya membagikan kuesioner tanpa mengolah hasilnya. Sebagian yang lain bahkan tidak secara rutin membagikan kuesioner evaluasi kepada mahasiswa.

Karena proses pembelajaran di kelas adalah proses inti dalam kegiatan pendidikan di UAJY, KP2MA memulai implementasi siklus penjaminan mutu akademik pada proses pembelajaran. Gagasannya adalah mengelola proses evaluasi pada tingkat universitas melalui KP2MA, sehingga hasil evaluasi dapat diolah dan dianalisis secara menyeluruh, dilaporkan secara rutin, dan ditindaklanjuti oleh semua pihak yang berkepentingan untuk memperbaiki perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran berikutnya.

Proses pertama yang dilakukan adalah penyusunan instrumen evaluasi proses pembelajaran UAJY pada September – Oktober 2007. Instrumen tersebut disusun berdasarkan instrumen-instrumen yang sebelumnya telah ada di setiap fakultas dan instrumen serupa yang digunakan oleh perguruan tinggi lain.

Implementasi Evaluasi Proses Pembelajaran

Proses berikutnya adalah implementasi. Instrumen yang telah disusun mulai digunakan pada semester Gasal 2007/2008 (November 2008), dan secara rutin digunakan pada semester-semester berikutnya.

Prosedur Evaluasi Proses Pembelajaran

Mulai semester gasal 2010/2011, evaluasi proses pembelajaran dirintis dengan menggunakan web application. Mahasiswa mengisi form evaluasi sebagai feedback bagi proses belajar mengajar melalui situs http://siatma.uajy.ac.id.

Hasil Evaluasi Proses Pembelajaran s.d. Semester Gasal 2010/2011

A circle is the reflection of eternity. It has no beginning and it has no end – and if you put several circles over each other, then you get a spiral. (Maynard James Keenan)